Cari Blog Ini

14 November 2013

Tindakan Bajik Membawa Berkah Tak Terduga

Ada seorang pria bernama Zhen Bin, yang hidup pada Dinasti Qi.
Meskipun ia berasal dari Keluarga miskin,
dia adalah seorang yang baik hati dan berperilaku baik.

Suatu kali ketika Keluarga-nya kekurangan uang, ia mengambil seikat rami pergi ke pegadaian. Dia menggadaikan rami kemudian berusaha menebus-nya kembali.

Ketika Zhen Bin menebus rami, tiba-tiba dia menemukan sebuah gulungan kain di dalam-nya. Dia membuka gulungan dan melihat dua bongkah emas yang dibungkus oleh selembar kain. 

Jika dia menyimpan emas itu untuk diri-nya sendiri, tak seorang pun akan tahu. Tapi ia adalah Orang yang baik hati dan jujur. Ia mengambil gulungan kain dan pergi kembali ke pegadaian tanpa ragu-ragu.

* * * 

Ketika tiba di pegadaian, dia melihat Pemilik pegadaian sedang menginterogasi Penjaga pegadaian. Pemilik menyalahkan Pegawai pengadaian karena telah menghilangkan emas-nya. Jika dia tidak bisa menemukan emas itu, ia harus menanggung kerugian-nya.

Pegawai merasa bersalah, badan-nya gemetar, ia menangis terus-menerus. Zhenbin dengan cepat mengeluarkan emas dan menyerahkan-nya kepada si Pemilik pegadaian. Melihat emas dikembalikan, Pemilik yang marah berubah menjadi ceria.

Pegawai berhenti menangis dan berkata dengan air mata berlinang: "Terima kasih, penyelamat ! Jika Anda tidak datang kembali, saya tidak akan pernah bisa mengganti-nya dengan semua harta saya."

Pegawai berlutut, tapi Zhenbin bergegas menarik-nya dan dengan ramah menghibur-nya. Pemilik pegadaian membawa beberapa perak untuk Zhen Bin sebagai ucapan terima kasih, tapi Zhen Bin menolak-nya.

* * * 

Zhen Bin melakukan banyak hal baik dan kisah dari perbuatan baik-nya tersebar luas. Akhir-nya, Kaisar mendengar cerita tentang diri-nya. Xiao Daocheng, Kaisar dari Dinasti Qi, mengapresiasi sifat Zhen Bin. Untuk menjadikan moralitas Zhen Bin yang tinggi sebagai contoh, Xiao mengeluarkan Dekrit Kekaisaran khusus menawarkan Kabupaten Pi Sichuan kepada Zhen Bin.

Kaisar berkata kepada Zhen Bin: "Anda melakukan Kebajikan dengan mengembalikan uang yang hilang di masa lalu. Saya percaya Anda akan menjadi seorang Petugas yang baik."

* * * 

Kemudian, Zhenbin memang melakukan banyak Perbuatan Baik dan membawa lebih banyak manfaat lagi kepada masyarakat. Perbuatan-nya dipuji secara luas. Zhen Bin berasal dari Keluarga miskin. Dia sangat terpuji karena kemiskinan tidak mengubah moralitas-nya.


Kebajikan-nya memberi-nya berkah tak terduga, membuat-nya menjadi seorang Pemimpin Kabupaten dan mengubah takdir-nya. 


Sumber:
http://erabaru.net/budi-pekerti/71-cerita-budi-pekerti/32935-tindakan-bajik-membawa-berkah-tak-terduga