Cari Blog Ini

04 Maret 2014

Hua Gong Hua Po




Hua Gong 花公  ( Hok Kian yaitu Hwa Kong ) adalah salah satu Putra dari Pangeran Bun dan merupakan Saudara muda Kaisar Bu Ong. Beliau hidup semasa Dinasti Ciu Barat (1027-771 SM). Hwa Kong merupakan salah satu Orang suci pada masa itu dengan panggilan Ciu Kong Tan.

Sebagai Orang suci bijaksana, Beliau menyusun Kitab-kitab peradaban. Misal-nya Ciu Lee (Kitab Adat Istiadat Dinasti Ciu), yang berisi Adat Perkawinan dan Perkabungan. Ada juga Kitab tafsir mimpi, firasat, dan lain-lain yang sampai detik ini masih menjadi rujukan berbagai kalangan.

Namun Rakyat terutama menghormati Beliau sebagai Dewata Pengikat Perjodohan. Pada hari ulang tahun-nya Para Umat yang belum menikah mempersembahkan keranjang bunga (Hwa Lan) dengan harapan agar cepat memperoleh jodoh (enteng jodoh).

Hwa Kong biasa ditampilkan dengan ke-dua Istri-nya, yang pertama (Twa Ma) di sebelah kiri-nya, sedangkan yang bercengkerama dengan Anak-anak kecil adalah Istri ke-dua-nya (Ji Ma). Perlu ditambahkan dalam beberapa hal Khong Hu Cu menganggap Ciu Kong Tan sebagai Guru Spiritual-nya.


Sumber: 
http://jindeyuan.org/hua-gong-hua-po/index.htm