Cari Blog Ini

07 September 2011

Manfaat dan Pahala dari Melakukan Pattidana


* Menunjukkan sifat tahu balas budi 


dan memiliki sifat luhur


yaitu tahu budi atau jasa orang lain

dan mencari cara yang benar 

untuk membalas-nya kepada Orangtua,
 
kepada Leluhur 

dan mereka yang telah berjasa besar untuk tanah air.





* Menjadi teladan atau contoh terbaik 


tentang tahu balas budi 


kepada anak-anak-nya


agar mereka tidak lupa kepada Orangtua dan Leluhur mereka.


* Menjadi tanda bakti kepada Para Pahlawan Bangsa
 
yang berjasa memberikan kemerdekaan 

dan hidup tentram kepada kita.




* Menjadi penuntun 

dan penerangan yang memberikan cahaya dari kegelapan batin
 
dan menjadi orang yang bijaksana,

menyadari Jasa dan pertolongan orang lain 

yang telah kita peroleh 

dan ber-terimakasih.




Dengan melakukan bakti yang tulus ikhlas kepada Orangtua dan Leluhur,
 
mereka akan dipuji oleh orang bijaksana, para Arya 

dan berbahagia di Alam Surga.

 


Sesuai dengan Sabda Sang Buddha, 


"Matapitu Upatanam


yang artinya membantu, menolong, merawat Orangtua 


dan 


"Puja Ca Pujanianam


yang berarti menghormat mereka yang patut dihormat


akan membawa berkah mulia dan kebahagiaan.


* * *




Dalam Sigalovada Suttanta


Sutra Bakti Anak terhadap Orang Tua


 
dinyatakan dalam 5 (lima) cara 


seorang anak menghormati Orang Tua-nya yaitu:




1. 


Dulu Orang Tua memelihara dan membesarkan aku, 


sekarang aku akan menunjang kehidupan mereka.






2. 


Aku akan melakukan kewajiban-ku sebagai anak yang Berbakti.




3. 


Aku akan menjaga dengan baik kehormatan keluarga-ku.




4. 


Aku akan menjaga dengan baik warisan dari orangtua-ku.





5. 

Aku akan mengurus pemberian makanan 

dan puja bakti penyaluran jasa 

kepada keluarga-ku yang telah meninggal dunia.




Sumber:
http://www.vipassanagraha.org/index.php?option=com_content&view=article&id=89%3Aupacara-pattidana-pelimpahan-jasa&catid=27%3Aberita&Itemid=63&lang=id